Kamis, 30 Juli 2009

Pengakuan Iman Rasuli Dalam bahasa Indonesia Maupun Bahasa Batak Beserta Artinya

Bagian Pertama : Penciptaan
Aku percaya akan Allah, Bapa yang Mahakuasa, yang menciptakan semesta langit dan bumi.
Ahu porsea didebata jahowa, ido ama pargogo nasohatudosan, na tumompa langit dohot tano.

Artinya : Aku pecaya bahwa Allah telah menciptakan diriku dan segala ciptaan; bahwa Ia memberiku tubuh, jiwa, mata, telina dan semua anggota tubuhku, pikiran dan semua panca inderaku, dan masih selalu memeliharanya.

Dia pun memberiku pakaian dan sepatu, makanan dan minumanm rumah dan keluarga, isteri dan anak-anak, tanah, hewan dan segala yang kumiliki setiap hari Ia menyediakan dengan melimpah semua kebutuhan untuk menopang tubuh dan hidupku.

Dia juga menjauhkan aku dari segala bahaya dan menja serta melindungiku dari yang jahat.

Segala yang Ia lakukan tersebut semata-mata karena kebaikan dan belas kasih Bapa Ilahi, tanpa sedikit pun jasa maupun kepantasan di pihakku. Karena semua itulah yang menjadi syukur dan pujian, pelayanan dan ketaatanku pada-Nya.

Ini sungguh-sungguh benar


Bagian Kedua : Penebusan

Aku percaya akan Yesus Kristus, Puteranya-Nya yang tunggal, Tuhan kita, yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria, yang menderita sengsara dibawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan, mati dan dikuburkan. Yang turun dari kerajaan maut. Dan pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang-orang yang mati, naik ke surga duduk disebelah kanan Allah BapaYang mahakuasa, dan dari sana Ia akan datang menghakimi orang yang hidup dan yang mati.

Ahu porsea di Jesus Kristus Anak ni Debata Jahowa na sasadai, ima na tinubuhon ni si Maria, na gabe-gabean sian tondi porbadia andorang sohabubuhan, ido tuhanta na tumaon na bernit, dipanguhuman ni silatus, na mate tarpajal do ibana dihau ni pinarsilang, na tuat tu banua toru dung ditanom, na mulak mangolu diari patoluhon, namanaek tu surgo , laho hundul tusiamun ni Debata Jahowa Amanai pargogo nasohatudosan i, disi ma ibana mulak mangolu diari patoluhon laho manguhumi halak na mangolu dohot na mate.

Artinya : Aku percaya bahwa Yesus Kristus, yang sunggus-sungguh Allah berasal dari Allah Bapa sejak kekal, dan sungguh-sungguh manusia yang dilahirkan oleh Perawan Maria, adalah Tuhanku,

yang telah menebusku, manusia yang tersesat dan terhukum, yang telah melunasi dan merebutku dari segala dosa, dari maut, dan dari kuasa setan; bukan dengan emas maupun perak, tetapi dengan kekudusan darah-Nya yang mulia, dan dengan penderitaan dan kematian-Nya tanpa dosa,

sehingga aku bisa menjadi milik-Nya dan hidup mengikuti-Nya dalam kerajan-Nya dan melayani-Nya dalam kebenaran, kemurnianm dan berkat abadi, berkat kebangkitan-Nya dari maut, hidup dan meraja sepanjang segala masa.

Ini sungguh-sunguh benar


Bagian Ketiga : Pengudusan

Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Kristen yang kudus , adanya persekutuan orang - orang yang kudus, pengampunan dosa, kebangkitan daging, dan kehidupan kekal.

Ahu porsea di Tondi Porbadia, Jala adong sada huria nabadia, huria hatopan halak kristen angka nabadia, dohot dihasesaan ni dosa, dohot dihatai na mandok, mulak mangolu do sogot daging ni halak naung mate dohot na mangolu, dohot dihangoluan na so rasuda, AMEN.

Artinya : Aku percaya bahwa dengan pikiran atau kekuatanku sendiri aku tidak dapat percaya akan Yesus Kristus Tuhanku, atau datang pada-Nya; tetapi Roh Kudus telah memanggilku melalui Injil, menerangiku dengan rahmat karunia-Nya, menguduskan dan menjaga diriku di dalam iman yang benar.

Dengan cara yang sama Ia memanggil, mengumpulkan, menerangi, dan menguduskan seluruh Gereja Kristen di dunia ini, dan menjaganya bersama Yesus Kristus dalam satu iman yang benar.

Pada Akhir Zaman, Ia akan membangkitkan diriku dan semua orang mati, dan mengaruniakan hidup abadi kepadaku dan kepada seluruh umat yang beriman kepada Kristus.

Itu sungguh-sungguh benar

Thanks God.....




0 comments: